Tips Memilih Mata Pancing yang Tepat dan Teknik Dasar dalam Memasang Umpan

Bagi orang yang memiliki hobi memancing, maka melakukan pemilihan pada mata pancing  adalah hal yang wajib untuk dilakukan dan diperhatikan dengan sebaik mungkin agar ikan makan umpan yang diberikan. Sedangkan untuk benda yang satu ini pun juga memiliki banyak ukuran, jenis, bahan serta untuk peruntukannya. Sehingga untuk memancing itu sendiri pun juga tergantung pada jenis ikan yang akan dipancing nantinya. Untuk perlengkapan mancing yang satu ini pun juga sudah banyak tersedia dalam berbagai model dan jenis.

Untuk bisa melakukan pembelian pada perlengkapan mancing ini pun tidak harus keluar rumah, jika memang Anda tidak ingin melakukan cara yang meribetkan dan merepotkan, karena Anda dapat untuk melakukan pembelian pada perlengkapan mancing ini secara online, sehingga tidak akan menyulitkan diri Anda pada saat Anda ingin memenuhi segala kebutuhan mancing Anda. Bahkan untuk perlengkapan mancing yang satu ini terdapat 4 macam model, yaitu seperti model double hook, model single hook, treble hook hingga model garong atau model yang memiliki mata kailnya lebih dari 3.

Pada setiap jenis mata pancing tentunya juga memiliki merk dan harga yang sangatlah bervariasi, harga yang diberikan mulai dari Rp.100,- sampai dengan Rp 15.000,- untuk per mata kailnya, namun untuk harganya itu sendiri pun juga tergantung pada bahan, ukuran serta merk dari mata kail kayu sendiri, karena pada setiap jenis, ukuran dan bahan tentunya memiliki perbedaan dalam penggunaannya, sehingga pilihlah jenis mata kail yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Agar ikan dapat memakan umpan yang Anda berikan, maka ada baiknya jika Anda mengikuti pada beberapa langkah berikut ini yang menjadi teknik dasar dalam masang umpan yang benar dan benar, yaitu seperti berikut ini:

  • Memasang umpan dengan cara drop-shot rig.

Untuk umpan jenis ini dapat digunakan untuk menangkap ikan bass, panfish dan walleye. Gunakan umpan ini dengan vertical dan dibawah kapal serta air yang dalam.

  • Teknik Carolina rig.

Teknik ini dapat digunakan untuk memancing ikan bass yang berada di dalam air yang dangkal dan juga berada di dekat tumbuhan air. Cara menggunakannya gunakan pemberat yang berasal dari kuningan timah untuk bisa mengeluarkan suara keras pada saat mengenai kayu maupun bebatuan.

  • Rigging a tube.

Cara menggunakan teknik ini dengan cara melemparkan umpan pada sekitar dermaga, semak yang tertutupi oleh kayu, tumbuhan air dan gunakan umpan untuk melewati bongkahan serta hamparan pada tumbuhan air yang nantinya akan digunakan memancing ikan yang berukuran besar.

Masih ada banyak teknik dalam memancing yang dapat Anda lakukan yang tentunya akan memberikan Anda kegiatan memancing dengan cara yang menyenangkan dan tidak akan membuat kegiatan memancing Anda membosankan, karena Anda nantinya akan jauh lebih cepat untuk mendapatkan ikan dari hasil memancing Anda menggunakan teknik yang benar seperti pada beberapa teknik memancing seperti yang ada di atas yang dapat Anda tiru.

Memancing memang membutuhkan kesabaran untuk menunggu ikan yang memakan umpan yang sudah Anda berikan tersebut. Namun apabila dalam waktu lama tidak kunjung mendapatkan ikan tentunya hal ini juga menjadi hal yang sangatlah menyebalkan, sehingga hal inilah yang menjadikan diri Anda harus menambah wawasan Anda mengenai jenis mata pancing yang tepat Anda gunakan nantinya agar ikan yang ada di dalam air cepat memakan umpan yang sudah Anda berikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *