Penting! Tips Memilih Popok Berdasarkan Usia Si Kecil

Segala perlengkapan yang dibutuhkan bayi tentunya harus diperhatikan guna memenuhi kebutuhannya. Dalam hal ini, kesehatan dan kenyamanan bayi harus diperhatikan. Penyesuaian popok dengan usianya juga perlu dilakukan agar penggunaan popoknya sesuai dengan kondisi kulit dan aktivitas si kecil. Untuk itu, terapkan tips berikut ini.

  • Usia 0-3 Bulan

Penentuan jenis popok yang aman memang sangat diperlukan agar tercipta kenyamanan pada bayi dan tidak berisiko untuk kesehatannya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih produk popok yang aman dan sehat untuk bayi, seperti mempunyai daya serap tinggi, bahannya lembut, serta mudah direnggangkan.

Setelah menemukan produk yang memenuhi kriteria tersebut, maka selanjutnya adalah menyesuaikan popok yang digunakan dengan usia bayi. hal ini bertujuan untuk memberikan perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan bayi. pada range pertama, yaitu saat bayi berusia 0-3 bulan, Anda perlu mencari popok yang punya perekat di pinggang, bukan popok celana.

Sesuaikan juga ukuran pada popok sekali pakai dengan berat badan bayi. Alangkah baiknya, bayi menggunakan clodi (cloth diapers) yang dapat dicuci karena bahan kainnya bisa dipilih sendiri. Bahan yang lembut sangat diutamakan pada usia 0-3 bulan ini karena kulit bayi yang masih sensitif dan juga struktur kulitnya masih tipis.

  • Usia 4-19 Bulan

Seperti pada pemilihan popok bayi sebelumnya pada kategori usia 4-19 bulan. Pada range usia ini, bayi juga harus diperhatikan pemakaian popoknya. Pada usia ini, bayi akan aktif dalam bergerak, di mana perkembangan motoriknya sangat pesat. Anak akan aktif dalam bereksplorasi dengan lingkungan sekitar, termasuk manusia dan lingkungan alamnya.

Pada rentang usia ini, Anda bisa memilih popok yang berbentuk celana agar aktivitasnya sehari-hari tidak terganggu. Anda juga diharuskan untuk memilih popok dengan pH seimbang (balance) agar kelembaban kulit tetap terjaga. Kebutuhan popok yang sesuai usia bisa dipenuhi dengan membelinya di Orami yang menyediakan aneka ragam popok.

  • Usia 20 Bulan ke Atas

Range selanjutnya yaitu usia 20 bulan ke atas. Pada tahap usia ini, Anda bisa memilih popok untuk anak yang berbentuk celana agar tidak mengganggu aktivitasnya yang benar-benar sudah lebih aktif dari tahap usia sebelumnya. Anda harus  mengutamakan kebutuhan si kecil dengan mengupayakan popok terbaik untuknya.

Selain lembut dan sesuai dengan modelnya, Anda harus mengenakan popok dengan benar agar si kecil menjadi nyaman dan tentunya bisa lebih mampu beraktivitas dengan baik. Pada usia ini, Anda juga mengimbanginya untuk mengajarkan anak agar melakukan toilet training. Sudah saatnya hal ini dilakukan saat bayi sudah berusia lebih dari 20 bulan.

Penggolongan pemakaian popok pada 3 range usia bayi tersebut merupakan tips yang bisa Anda gunakan untuk menyesuaikan antara jenis popok dengan kebutuhan bayi. Banyaknya jenis dan model popok tak jarang menimbulkan kebingungan terkait produk yang pas. Untuk itu, penyesuaian popok dengan usia bayi akan menjadi solusinya untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *